Visi, Misi & Tujuan

 Profil

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah salah satu dari enam prodi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores dan merupakan satu satunya prodi yang ada di Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Studi ini menyelenggarakan pendidikan guru dengan tujuan menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai: 
  1. Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan; 
  2. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar., dan 
  3. Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.

Visi 

Visi keilmuan PS PGSD adalah “Menjadi lembaga pendidik tenaga pendidik Sekolah Dasar yang berperan sebagai mediator budaya serta unggul dalam penciptaan pendidikan anak berkualitas dan berkarakter sesuai dengan tuntutan perkembangan IPTEKS di tahun 2030.”.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bermutu untuk mencetak Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar yang mengacu pada ketercapaian kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.
  2. Mengembangkan kurikulum pendidikan di Sekolah Dasar yang berbasis karakter.
  3. Melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  5. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait untuk menunjang pendidikan dan pembelajaran di PGSD.

Tujuan

Tujuan PS PGSD Universitas Flores adalah:

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan guru Sekolah Dasar yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional.
  2. Terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan serta karakteristik peserta didik Sekolah Dasar.
  3. Menguasai dan mengembangkan kurikulum sekolah dasar berbasis karakter sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEKS.
  4. Terlaksananya penelitian ilmiah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar.
  5. Terlaksananya pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  6. Meningkatnya kerja sama dengan pengelola pendidikan daerah, dan dengan Sekolah Dasar baik swasta maupun negeri dalam rangka memenuhi kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan.
  7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta mampu memanfaatkan untuk pembelajaran secara berkelanjutan.
  8. Berkembangnya forum-forum komunikasi akademik dan forum diskusi dalam rangka mendorong pengembangan budaya akademik, sikap, dan kepribadian calon pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar.