Banner Atas Info Pengumuman

Universitas Flores

Dosen dan Mahasiswa PGSD Unflor Gelar Pelatihan PTK Bagi Guru SDK Ndona 2

Dosen dan mahasiswa, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) Universitas Flores (Uniflor) Ende menggelar Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi para guru SDK Ndona 2, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende yang dimulai dari hari ini   8 Mei 2021 hingga 14 Juni 2021.


Tim pelatih maupun pendamping diketuai, Berty Sadipun, S.Pd.,M.Pd, dan anggota tim, Agustinus F. Paskalino Dadi, S.Fil., M.Hum , Virgilius Bate Lina, S.Pd., M.Pd (Dosen) dan mahasiswa masing-masing Bertolomeus Hadi Gala Hokon,  PinQ Mariana Baba Parera dan Petrasia Riti.

Pelatihan ini  untuk menjawabi kebutuhan para guru dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan kemampuan dan keterampilan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah.

Pelatihan dimulai pada hari ini tanggal 8 Mei 2021 dengan kegiatan sosialisasi tentang model pembelajaran inovatif dan sosialisasi tentang hak dan kewajiban guru dalam hukum positif. Kegiatan kedua akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2021 dengan fokus kegiatan pada sosialisasi tentang penelitian tindakan kelas antara teori dan praktik dan fokus group discussion tentang realitas pembelajaran di SD Katolik Ndona 2 antara harapan dan kenyataan.

Selanjutnya tanggal 29 Mei kegiatan akan dilanjutkan dengan latihan menyusun proposal PTK berbasis masalah dan solusi yang telah dibahas pada kegiatan sebelumnya. Pada tanggal 14 Juni 2021, proposal PTK dari masing-masing guru akan direviu dan dilanjutkan dengan latihan penyusunan instrumen PTK berupa RPP dan rubrik penilaian serta pedoman evaluasi pembelajaran dan simulasi pembelajaran berbasis PTK diakhiri perampungan draft proposal dan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian pada bulan Juli-September 2021. 

Rencananya, kegiatan pendampingan dan bimbingan akan terus berlanjut dengan target pencapaian kegiatan adalah publikasi artikel pada jurnal imiah di bulan Desember 2021.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Universitas Flores